EFEKTIVITAS LKS MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Dwi Larasati, Riawan Yudi Purwoko, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan metode discovery learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Subyek penelitian 20 siswa kelas XI TKRO A SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Jenis tes yang digunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji Gain yaitu LKS Matematika dengan metode Discovery Learning efektif dalam mengoptimalkan siswa berpikir kritis ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI TKRO A dengan skor rata-rata 77,35 dengan kriteria tinggi.

Kata Kunci: Efektivitas, Lembar Kerja Siswa, Discovery Learning, Berpikir Kritis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.