THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR TRIGONOMETRI PADA SISWA SMK

Irham Taufiq, Tri Astuti Arigiyati, Inas Novia Lathifah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar trigonometri berdasarkan model pembelajaran dan aktivitas belajar, selain itu, untuk mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas X SMK berjumlah 425 siswa, sampelnya sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X TKJ 2 menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan kelas X TKJ 3 menggunakan model ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan penelitian diperoleh tiga hasil penelitian. pertama tidak ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari model Think Pair Share dan ekspositori. Hal ini dilihat dari yaitu 0,183 4,03. Kedua tidak ada perbedaan hasil belajar berdasarkan tingkat aktivitas belajar siswa. Hal ini dilihat dari yaitu 0,264 3,18. Ketiga tidak ada interaksi antara model Think Pair Share, model ekspositori dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dilihat dari yaitu 0,795 3,18.

Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Think Pair Share



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.