PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN RASIONAL PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Dwi Setyorini Anandari, Budiyono Budiyono

Abstract


Artikel ini merupakan artikel berdasarkan pada hasil kajian pustaka. Artikel ini membahas tentang problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bilangan rasional di jenjang Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan pada hasil kajian pustakan, didapat beberapa problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran bilangan rasional di jenjang Sekolah Dasar (SD). Problematika tersebut adalah: siswa kurang tahu makna dari suatu pecahan, siswa kurang memahami operasi hitung bilangan asli dengan pecahan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pecahan-pecahan yang senilai dan tak senilai, siswa kesulitan untuk membandingkan dan mengurutkan pecahan, dan siswa kesulitan untuk mencari hasil dari operasi pecahan. Solusi yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami pecahan dan operasinya adalah dengan menggunakan media atau alat peraga misalnya potongan kertas, potongan karton yang diberi warna, guru memberikan penjelasan dengan dilakukan penyelidikan pola atau aturan umum yang berlaku, serta kemampuan kreativitas guru dan kemauan yang tinggi dari para guru untuk lebih memberikan pendalaman materi pada siswa.

Keywords: Bilangan Rasional, Pecahan dan Operasinya, Pembelajran Matematika di Sekolah Dasar



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.