PENERAPAN MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih cenderung kurang. Masih sedikit siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika khususnya saat menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Yogyakarta kelas VIII B pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara catatan lapangan dan triangulasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Yogyakarta. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar matematika siswa pada setiap silklus. Pada Siklus I persentase aktivitas belajar matematika siswa sebesar 54,06% dengan kriteria cukup dan terjadi peningkatan persentase aktivitas siswa Siklus II sebesar 63,46% dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas Belajar, Numbered Head Together
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.