EVALUASI PEMBELAJARAN SISWA DENGAN SOAL PILIHAN GANDA

Untung Kurniawan, Nuur Rafi Wismarini

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia adalah melalui pendidikan. Semakin tinggi jenjang  pendidikan yang dimiliki seseorang akan linier dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara dengan melakukan penilaian dan evaluasi. Hampir semua ujian yang dilakukan di sekolah umumnya menggunakan pendekatan skor untuk menjelaskan pencapaian prestasi siswa. Pada dasarnya penggunaan skor sebagai ukuran prestasi memiliki kelemahan yang tidak bisa mendukung umpan balik yang efektif. Makalah ini bertujuan memberikan informasi tingkat abilitas siswa dan tingkat kesulitan soal dengan soal pilihan ganda. Hasil evaluasi pembelajaran siswa diperoleh tingkat kesulitan soal dari yang paling susah sampai ke yang paling mudah, abilitas siswa yang diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah, dan pola respon siswa terhadap butir soal.

Keywords: abilitas siswa,evaluasi pembelajaran, pilihan ganda, rasch model


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.