PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menerapkan desain pembelajaran materi himpunan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIB SMP Bopkri I Yogyakarta pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Bopkri 1. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dariĀ catatan lapangan dan lembar tes. Metode pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi dan pelaksanaan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2019. Hasil dari penelitian ini adalah (1) desain pembelajaran melalui pendekatan pendidikan matematikas realistik yang dirancang, baik dan dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan materi himpunan pada siswa kelas VIIB SMP BOPKRI 1; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIB SMP BOPKRI 1 berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut NCTM dalam menyelesaikan masalah himpunan, 13 subjek sudah memenuhi semua indikator pemecahan masalah menurut NCTM, 3 subjek lainnya sudah memenuhi indikator 1, 2 dan 3 tetapi belum memenuhi indikator 4 dan 5.
Keywords : Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Himpunan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.