BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN GENDER
Abstract
Salah satu karakteristik siswa yang berperan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir logis matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa terutama dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SLPTV) berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan melibatkan 36 siswa kelas X IPA 1 MA Negeri 1 Sragen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal sistem persamaan linear tiga variabel, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi digunakan untuk membandingkan dokumentasi lembar jawab dengan hasil wawancara yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan yakni data reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan berpikir logis matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Siswa yang termasuk dalam kategori tingkat tinggi kemampuan berpikir logis matematis 41.67% dari seluruh siswa yang ada (15 dari 36 siswa), sedangkan 30.55% termasuk dalam kategori sedang serta 27.78% termasuk dalam kategori rendah. Dari kelima indikator kemampuan berpikir logis matematis, kemampuan yang paling banyak dimiliki siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah mampu menghitung angka, menganalisis serta menyusun rencana permasalahan matematika, dan menyelesaikan masalah dengan penalaran matematika. Sedangkan kemampuan yang tidak banyak dimiliki siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah berpikir secara deduktif dan induktif, menghubungkan konsep-konsep serta memahami masalah abstraksi.
Keywords: Berpikir logis matematis, Gender, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.