ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Zacharias Angelius Krisnadi Wara Angelius Krisnadi Wara Sabon, Yustina Dwi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMP Katolik Kanisius Sleman. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIĀ  SMPK Kanisius Sleman dengan jumlah sampel 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep, yang akan mengukur kemampuan pemahaman konsep dari siswa mengenai materi relasi dan fungsi. Dalam penelitian ini materi yang akan diteliti yaitu relasi dan fungsi hanya saja untuk penelitian kali ini lebih fokus kepada materi fungsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1).Sebanyak 18 siswa sudah mencapai indikator pemahaman konsep menurut 3 indikator pemahaman konsep dengan presentase sebesar 78,26%. (2).Sebanyak 5 siswa belum mencapai indikator pemahaman konsep menurut 3 indikator pemahaman konsep dengan presentase sebesar 21,74%.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Relasi dan fungsi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.