PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LAGU DAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN DAN SKALA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Salisa Nurul Ngaini, Bambang Priyo Darminto, Prasetiyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika melalui lagu dan video untuk pembelajaran perbandingan dan skala pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Purworejo. Pengumulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dari penilaian para ahli, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika melalui lagu dan video dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika melalui lagu dan video yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil penilaian media pembelajaran matematika melalui lagu dan video menurut ahli media menunjukkan skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan Hasil penilaian ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian kepraktisan dari data angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 2,8 dengan kriteria praktis. Penilaian keefektifan menurut tes hasil belajar siswa diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85% dengan kriteria efektif. Ketiga kriteria kelayakan sudah terpenuhi, sehingga media pembelajaran matematika melalui lagu dan video dikatakan layak untuk digunakan.

Kata kunci:Media Pembelajaran Matematika, Lagu dan Video


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.