PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP
Abstract
Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih kurang. Sedikitnya siswa yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika seperti interaksi antar siswa, interasi siswa dengan guru, dan aktivitas siswa dalam kelompok yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting yang digunakan adalah kelas VIII C semester genap SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan dan triangulasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Terlihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 53,53% dengan kriteria cukup dan terjadi peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus II sebesar 62,49% dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Team Asissted Individually, Aktivitas Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.