EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Agus Paryanto, Nila Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah  hasil belajar matematika aspek kognitif dan aspek Afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe MEA, apakah hasil belajar matematika aspek kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe MEA, apakah hasil belajar matematika aspek Afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe MEA. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 10 Purworejo pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. yaitu kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan uji statistika multivariat dan uji univariat, dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dengan metode liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar aspek kognitif dan hasil belajar aspek Afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe MEA. 2) Hasil belajar aspek kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe MEA. 3) Hasil belajar aspek Afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe MEA.

Keywords: RTE, MEA, Hasil belajar aspek kognitif, Hasil belajar aspek afektif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.