KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF PADA SISWA CLIMBER DALAM PEMECAHAN MASALAH ANALOGI MATEMATIKA

Setyo Adi Putro, Teguh Wibowo, Dita Yuzianah

Abstract


Penalaran merupakan peran penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu penalaran dalam matematika adalah penalaran induktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif pada siswa climber dalam pemecahan masalah analogi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Pemilihan subjek berdasarkan hasil angket adversity quotient dalam kategori siswa climber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesinoner ARP, tes, think aloud, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini dapat memunculkan aktivitas penalaran induktif yaitu siswa dapat memahami masalah, dapat mengelola informasi, dapat menentukan pola dari informasi, dapat menerapkan rumus dari pola yang sudah diketahui, dapat membuktikan dugaan yang sudah ditemukan data sebelumnya, dan membuat kesimpulan yang bersifat umum.

Kata kunci: penalaran induktif, analogi, adversity quotient.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.