PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Rany Vidya Rosya, Sumargiyani Sumargiyani, Asri Ainun Habibah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena aktivitas belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas VII H SMP Negeri 15 Yogyakarta. Objek penelitian adalah aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan masing-masing pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian dilihat dari peningkatan aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase aktivitas belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I aktivitas siswa sebesar 46,03 % dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 65,84% dengan kriteria baik

Kata Kunci: Aktivitas belajar siswa, Kooperatif tipe STAD


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.