PEMAHAMAN KONSEP MATERI KONVERSI SATUAN PANJANG DAN WAKTU PADA MAHASISWA MAPPI PAPUA

Caecilia Dian Pratiwi, Cyrenia Novella Krisnamurti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk mencapai tujuan ke arah yang lebih maju dengan melibatkan guru dan siswa. Berdasarkan pendapat tersebut, secara utuh pendidikan di Indonesia masih tidak dapat terlepas dari suatu permasalahan, salah satu permasalahan yang masih menjadi momok di dunia pendidikan adalah pemerataan pendidikan. Salah satu daerah yang kurang mendapatkan pemerataan pendidikan adalah Kabupaten Mappi Papua. Rendahnya pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa Mappi Papua memerlukan adanya pemahaman yang mendalam terhadap suatu konsep. Berdasarkan permasalahan yang ada, salah satu faktor utama kesulitan yang dimiliki oleh mahasiswa Mappi adalah adanya keterbatasan bahasa. Sehingga hal ini cukup berdampak terhadap penyelesaian dari suatu permasalahan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki oleh mahasiswa Mappi Papua pada soal-soal kontekstual terkait materi konversi satuan panjang dan satuan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan 22 mahasiswa Mappi kelas matrikulasi C dan 24 mahasiswa Mappi kelas matrikulasi D. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil tes dan wawancara, peneliti memperoleh bahwa pemahaman konsep dari mahasiswa yang berada pada kelas atas sudah cukup baik, sedangkan untuk kelompok sedang dan bawah harus lebih dikembangkan lagi dengan melakukan latihan-latihan soal berupa soal-soal kontekstual.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Konversi Satuan Panjang dan Konversi Satuan Waktu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.