ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Hesti Miviani, Prasetyo Budi Darmono, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan (level) kemampuan literasi matematis siswa SMP yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi geometri.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pendekatan fenomenologi.  Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Purworejo kelas IX H tahun ajaran 2019/2020 yang berkemampuan tinggi.. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive dan snowball. Pemilihan subjek berkemampuan tinggi berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika kelas IX H dan dilihat dari nilai PAS ganjil dan nilai TUC 1 didapatkan 8 calon subjek dan mendapatkan jawaban yang jenuh 4, kemudian peneliti hanya mengambil 2 subjek. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes literasi matematis berupa soal cerita materi geometri, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkatan (level) kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi geometri pada siswa SMP Negeri 4 Purworejo kelas IX H yang berkemampuan tinggi mencapai  level 4 dari 6 level literasi matematis . Siswa mampu menggunakan konsep keliling persegi panjang dengan bentuk yang berbeda-beda dengan ukuran panjang dan lebar yang sudah diketahui. Siswa mampu memilih dan menggunakan representasinya berdasarkan informasi yang berbeda-beda dan mengungkapkan alasannya.

 

Kata kunci: literasi matematis, siswa berkemampuan tinggi, soal cerita matematika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.