ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB

Muhammad Irfan Rumasoreng, Isna Kholifah, Meta Mahayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa klasifikasi gaya belajar siswa dan deskripsi hasil analisa kemampuan pemecahan masalah siswa untuk setiap gaya belajar di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Imogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode campuran/mixed methods dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Imogiri berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dengan angket gaya belajar Kolb, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Seluruh siswa kelas XI IPS 1 diidentifikasi tipe gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah kemudian dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Subjek wawancara terdiri dari 8 yang terbagi kedalam 2 siswa untuk masing-masing tipe gaya belajar.  Analisis data kuantitatif dengan mengkategorikan gaya belajar dan kemampuan pemecahan masalah serta analisis kualitatif dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya belajar Diverger paling banyak jumlahnya di kelas XI IPS 1, 2) Siswa dengan gaya belajar Konverger, Diverger dan Akomodator mampu memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian, melaksankan rencana penyelesaian dan menarik kesimpulan dengan baik. Siswa dengan gaya belajar Asimilator mampu melaksanakan tahap memahami masalah, merencanakan langkah penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, dan dinilai cukup dalam menarik kesimpulan.

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar.

 



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.