KARAKTERISTIK BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Teguh Wibowo, Tatik Liana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik berpikir kritis siswa kelas V SD dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan rekaman. Tahapan analisis data melalui reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah: 1) memiliki kemampuan penguasaan konsep dan mampu mengaplikasikan konsep, 2) memiliki kemampuan berpikir rasional dengan menjelaskan argumen yang dimiliki, 3) memiliki kemampuan berpikir reflektif, 4) mempunyai kepercayaan diri dalam mengambil keputusan.Kata kunci: berpikir kritis, masalah matematika

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Sendika
Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.