MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CAD DENGAN CAMTASIA STUDIO 6 UNTUK MAHASISWA

suyitno suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) mendeskripsikan prosedur pengembangkan
media pembelajaran dengan camtasia studio 6 yang tepat untuk digunakan sebagai pendukung
pembelajaran mata kuliah CAD, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan
camtasia studio 6 untuk pembelajaran mata kuliah CAD dan 3) mengetahui efektivitas media
pembelajaran camtasia studio 6 yang diaplikasikan pada mata kuliah CAD.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan
subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 mahasiswa dan
kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk
penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan media
pembelajaran camtasia studio meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba
pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran camtasia studio yang dikembangkan
layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah CAD, di Universitas
Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh
dosen ahli media yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli
materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa
media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 5.854 dan p
= 0,000) dan motivasi belajar (thitung = 5,116 dan p = 0,000) mahasiswa semester 2 Pendidikan
Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui respon
mahasiswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh 84.50% yang meliputi 5
mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 81.95% yang meliputi 35
mahasiswa. Pada hasil belajar mahasiswa menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang tidak
menggunakan media camtasia studio dan yang menggunakan media camtasia studio. Melalui
uji normalitas diperoleh p = 0.166, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok
berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 1.245 dengan p = 0.268,
karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan
taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 5.85 > 1.66. Dengan
demikian media pembelajaran camtasia studio telah berhasil meningkatkan hasil belajar dan
motivasi belajar mahasiswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Camtasia Studio, Hasil Belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.