PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI REVITALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Air Asbudi Pasangaji

Abstract


Pembelajaran merupakan salah satu dari berbagai syarat dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar tingkat kesejahteraan dalam masyarakat juga semakin besar. Mengingat pembelajaran sangat penting dalam kehidupan manusia, seharusnya pembelajaran tesebut harus diciptakan secara terperinci, memuat seluruh aspek materi yang akan dipelajari, serta menarik minat peserta didik agar berkeinginan mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam kasus ini, pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sejauh ini apakah sudah memenuhi kriteria meningkatkan kualitas sumber daya alam atau belum merujuk pada peran sekolah menengah kejuruan (SMK) yang diyakini memiliki konstribusi yang besar bagi perkembangan masyarakat dan peningkatan ekonomi suatu negara. Daya saing negara bergantung pada tenaga kerja yang memilik pengetahuan dan keterampilan, karena mereka akan meningkatkan efisiensi dan nilai tambah produksi. SMK adalah tempat untuk menyiapkan tenaga kerja berpengetahuan, berketerampilan, dan berkepribadian bagi memenuhi harapan dunia kerja dan industri. Tetapi kondisi riil menunjukkan banyak lulusan SMK yang tidak memperoleh kerja, bahkan telah bekerjapun menghadapi masalah kurangnya penguasaan keterampilan. Bekal pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki tidak cukup untuk dapat sustain dalam lingkungan kerja. Hal itu salah satunya disebabkan karena pembelajaran di sekolah yang belum semua tersampaikan di benak pemikiran peserta didik. Untuk itu, satuan pendidikan kejuruan (SMK) diharapkan mengantisipasi dengan tepat perkembangan yang terjadi di dunia kerja melalui pengembangan kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi perkembangan dunia kerja. Pengembangan karakter kerja dalam pembelajaran perlu dilaksanakan secara by design, mulai dari mengidentifikasi nilai-nilai karakter kerja yang akan diintegrasikan, mengembangkan silabus, dan mengembangkan RPP pembelajarannya. Dengan desain pembelajaran tersebut diharapkan siswa memiliki penguasaan karakter kerja dan ketika bekerja mereka dapat berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kualitas dan performancenya, sehingga lulusan SMK mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan dunia kerja yang pada akhirnya akan dapat menyumbang secara langsung ataupun tidak langsung kepada peningkatan ekonomi negara. KATA KUNCI : Pembelajaran, kualitas sumber daya manusia, SMK

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.