PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN METODE PRAKTIKUM

Wuri Amalia Rahayuningtyas

Abstract


Pembelajaran sains dituntut untuk menemukan suatu teori dan pembuktian dengan metode ilmiah. Hal ini dapat dilakukan dengan jalur pembelajaran berbasis literasi sains. Kemampuan literasi sains penting untuk dimiliki peserta didik untuk memahami lingkungan hidup dan permasalahanya. Penerapan pembelajaran berbasis literasi sains tidak lepas kaitanya dengan pembelajaran praktikum. Pada pembelajaran praktikum berhubungan dengan sikap ilmiah yang terkandung dalam diri siswa. Sikap ilmiah merupakan kecenderungan untuk bertindak atau berperilaku dalam memecahkan masalah dengan langkah-langkah yang ilmiah. Kegiatan proses literasi sains berupa kegiatan praktikum-praktikum yang dapat menarik keingintahuan siswa serta memperkuat pemahaman siswa terhadap ilmu yang konkret melalui percobaan-percobaan. Metode praktikum merupakan cara penyampaian materi pembelajaran dengan mempersembahkan peluang latihan kepada siswa sebagai peluang untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan yang sudah dipelajari sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran IPA dengan metode praktikum ini dapat membuat siswa lebih memahami materi dan dapat juga menunjukkan keahliannya dalam pemahaman sains. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode praktikum memerlukan waktu yang lama namun dapat menjadi jalan keluar pembelajaran tercapai secara baik. Tujuan pembelajaran IPA berbasis literasi sains dengan metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan kognitif, keterampilan afektif, dan keterampilan psikomotorik.

Kata Kunci: literasi sains, metode praktikum, dan pembelajaran IPA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.