PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PROSES DAN HASIL PADA PEMBELAJARAN IPA

Della Ersalina

Abstract


Mata pelajaran ilmu pengetahuan alam merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Permasalahan dalam pembelajaran bukan hanya bersumber dari siswa yang mengalami kesulitan belajar, tetapi juga dari guru berupa kesulitan mengajar. Suatu keberhasilan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam bukan hanya dilihat dari hasilnya saja, namun juga harus memperhatikan keefektifan proses pembelajaran, karena tujuan pengajaran ilmu pengetahuan alam adalah agar siswa memahami konsep-konsep ilmu pengetahuan alam dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dengan menyadari kebesaran dan kekuasaan pencipta alam semesta. Tujuan pengajaran dalam IPA tersebut dapat diwujudkan oleh peran serta guru. Guru harus menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan sarana/media yang relevan dan kontekstual melalui metode eksperimen yang berorientasi pada lingkungan alam sekitar. Maka diharapkan dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Kata Kunci: metode eksperimen, proses pembelajaran IPA, hasil pembelajaran IPA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.