KAJIAN LITERATUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PLAYFUL LEARNING BERBASIS PJBL DI SEKOLAH DASAR

Sujino Sujino, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penerapan model pembelajaran playful learning berbasis project-based learning di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian literatur. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 8 tahun terakhir (2015-2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel, terdapat 8 artikel yang sesuai dengan topik penerapan model pembelajaran playful learning berbasis project-based learning di sekolah dasar. Pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penerapan pembelajaran ini di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.