PEMANFAATAN KARDUS BEKAS DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DIORAMA SIKLUS AIR DI SEKOLAH DASAR

Retno Ayu Indah Kumala, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran STEAM merupakan sebuah inovasi dari era revolusi industri, sehingga dalam hal ini guru menggunakan berbagai alat untuk menunjang pembelajaran, salah satunya adalah pemanfaatan kardus bekas untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan media yang telah dibuat dalam membantu menyampaikan materi pelajaran . Barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi mudah kita temukan di daerah tempat tinggal kita . Barang bekas atau barang tidak terpakai yang digunakan dalam penelitian ini adalah kardus bekas. Media pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Jika guru hanya menggunakan metode ceramah siwa akan mudah bosan menyebabkan pembelajaran di kelas kurang optimal . Melalui media kita  dapat melihat peningkatan yang ada pada peserta didik . Pada mata pelajaran IPA SD kelas V materi siklus air tanah memerlukan media. Dengan demikian, siswa dapat memahami  proses terjadinya siklus air tanah. Menggunakan bahan-bahan yang berasal dari barang bekas, seperti kardus bekas yang sudah tidak terpakai lagi, dapat menumbuhkan kreativitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan barang bekas yang ada di lingkungan belajar atau lingkungan tempat tinggal dapat meningkatkan minat belajar dan peserta didik cepat memahami materi yang disampaikan. Selain digunakan sebagai alat pengajaran juga dapat mengurangi penumpukan sampah di sekitar tempat tinggal.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.