PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDIT ULUL ALBAB 2 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan minat belajar IPA dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Metode penelitian ini dengan observasi langsung dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yaitu dengan teknik berupa game tongkat bergulir dengan iringan lagu secara berkelompok sehingga tidak monoton dan lebih menyenang dalam menerima pembelajaran. Model pembelajaran ini akan mendorong siswa untuk lebih menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek guru dan siswa. Subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan yang signifikan terbukti melalui hasil observasi siswa kelas IV SDIT Ulul Albab 2 Purworejo ternyata siswa lebih antusias dalam belajar ketika menggunakan model pembelajaran Talking Stick dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Dikarenakan dengan menggunakan model Talking Stick ini dapat meningkatkan aktivitas, minat belajar, serta memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Refbacks
- There are currently no refbacks.