PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDIT ULUL ALBAB 2 PURWOREJO

Heni Dwi Astuti, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  aktivitas, motivasi dan minat belajar IPA dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Metode penelitian ini dengan observasi langsung dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yaitu dengan teknik berupa game tongkat bergulir dengan iringan lagu secara berkelompok sehingga tidak monoton dan lebih menyenang dalam menerima pembelajaran. Model pembelajaran ini akan mendorong siswa untuk lebih menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek guru dan siswa. Subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan yang signifikan terbukti  melalui  hasil  observasi  siswa kelas IV SDIT Ulul Albab 2 Purworejo ternyata  siswa  lebih antusias dalam belajar ketika menggunakan model pembelajaran Talking Stick dibandingkan tanpa  menggunakan  model  pembelajaran  Talking  Stick. Dikarenakan dengan menggunakan  model  Talking  Stick ini  dapat  meningkatkan aktivitas,  minat  belajar,  serta  memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.