MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI MEDIA LEMPUNG TERIGU BERBASIS STEAM DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Hendry Wahyu Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui media berbasis STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Math) berupa plastisin berbahan dasar tepung terigu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysic, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Purwosari RT 02 RW 02 Kec. Purwodadi Kab. Purworejo Provinsi Jawa tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kebermanfaatan, kreativitas, dan tampilan yang menarik dari bahan dasar tepung terigu yang dimanfaatkan menjadi plastisin. Hasil penelitian ini berupa: 1) Ide yang digunakan mengubah tepung terigu menjadi plastisin. 2) Ide pemanfaatan tepung terigu ini didasarkan pada kebermanfaatan yang menyatakan BAIK dengan 83,1%, pada validasi kreativitas menyatakan BAIK dengan presentase 81,1%; Untuk tampilan yang menarik dari platisin ini mendapatkan presentase 78,8% yang menyatakan CUKUP. Berdasarkan hasil kebermanfaatan, kreativitas, dan tampilan pemanfaatan tepung terigu dinyatakan layak dan aman digunakan. Karena tidak mengandung bahan kimia dan yang pastinya tahan lama.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.