EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI (COLLABORATIVE LEARNING) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI ILUMINATIF

Faisal Madani, Aip Badrujaman, Maryam Aunurrahim, Annisa Nurul Siva, Wahyu Akbari, Yusnita Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran kolaboratif dilihat dari perspektif guru. Adapun model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi iluminatif.

Belajar kolaborasi adalah suatu strategi pembelajaran di mana para siswa dengan variasi yang bertingkat bekerjasama dalam kelompok kecil ke arah satu tujuan. Dalam kelompok ini para siswa saling membantu antara satu dengan yang lain. Jadi situasi belajar kolaboratif ada unsur ketergantungan yang positif untuk mencapai kesuksesan. Belajar kolaboratif menuntut adanya modifikasi tujuan pembelajaran dari yang semula sekedar penyampaian informasi menjadi konstruksi pengetahuan oleh individu melalui belajar kelompok. Dalam belajar kolaboratif, tidak ada perbedaan tugas untuk masing-masing individu, melainkan tugas itu milik bersama dan diselesaikan secara bersama tanpa membedakan kecakapan belajar siswa.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.