PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS STEM PADA TOPIK MENGENAL BUDAYA NASIONAL DAN MENCINTAI BUDAYA LOKAL

Asep Agus Sulaeman

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis konteks desain pembelajaran STEM pada mata pelajaran IPAS di kelas V pada topik Mengenal Budaya Nasional dan Mencintai Budaya Lokal. Desain proses pembelajaran yang dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu siswa mengenal keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebhinekaan serta mengenali budaya lokal sehingga tumbuh kesadaran mencintai budaya lokal dan melakukan tindakan nyata yang kreatif untuk melestarikan budaya lokalnya secara kolaboratif. Metode analisis konteks pembelajaran STEM yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan mengidentifikasi delapan kriteria pembelajaran STEM pada langkah-langkah pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil analisisnya disajikan secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran telah mengakomodasi aspek pemahaman dan aspek keterampilan proses capaian pembelajaran IPAS pada fase C. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran pada topik ini dapat memenuhi delapan kriteria pembelajaran STEM. Selanjutnya keterlaksanaan desain pembelajaran ini masih perlu dikaji secara empiris pada kelas uji coba.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.