PERKEMBANGAN PENELITIAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Annisa Hikmah Wati, Indah Permata Sari, Rian Vebrianto, Yenni Kurniawati

Abstract


Penggunaan bahan ajar merupakan suatu komponen yang tidak terlepas dalam suatu proses pembelajaran, dimana sangat diperlukan untuk target pencapaian kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis perkembangan  penelitian bahan ajar pada pembelajaran IPA pada sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode tinjauan pustaka sistematis (Systematic Literature Review) dengan meninjau berbagai penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dan sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian  yang diperoleh yaitu bahan ajar IPA di SMP banyak mengembangkan bahan ajar e-modul sebanyak 25%, Modul sebanyak 30%, pada LKPD sebanyak 22,5%. Perkembangan bahan ajar IPA di SMP dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2024, ternyata tahun yang paling banyak dibuat bahan ajar terdapat pada tahun 2023, hasil perkembangan bahan ajar IPA SMP mengalami kenaikan.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.