PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Aji Nur Wicaksono, Eko Rachmat Suroto, Anisa Nur Khasanah, Atalanisa Laviola Yuniatama, Annisa Nabilla Awalin, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan TaRL terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas IX di SMP Negeri 2 Tasikmadu. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis-Mc.Taggart. Model Kemmis-Mc.Taggart membagi satu siklus menjadi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus di kelas IX F menggunakan materi kemagnetan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian tindakan kelas ini berjumlah 23 peserta didik yang terdiri dari 8 perempuan dan 15 laki-laki. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu persentase peserta didik yang memperoleh nilai tuntas atau mencapai nilai minimum 75 pada skala 0–100 sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase peserta didik yang memperoleh ketuntasan belajar dari hasil evaluasi setiap tahap penelitian selalu mengalami kenaikan. Pada tahap pra siklus, persentase peserta didik yang tuntas sebesar 21,7 %, siklus ke-1 sebesar 56,5 %, dan siklus ke-2 sebesar 82,6 %.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.