MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA “GERAK, GAYA, DAN ENERGI” SERTA REMEDIASINYA

Fitrotul Khasanah, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada pembelajaran IPA beserta remediasinya yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Pageron. Miskonsepsi merujuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah yang diterima oleh para ahli. Ada begitu banyak hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami oleh siswa diantaranya adalah prakonsepsi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri, guru, pembelajaran yang dilakukan oleh guru, atau bahkan bahan ajar yang digunakan. Permasalahan miskonsepsi ini tidaklah mudah untuk diselesaikan. Berdasarkan kondisi tersebut sangat penting untuk dilakukan remediasi. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran di sekolah, sangat dianjurkan pada guru untuk menggunakan model atau metode pembelajaran yang lebih menantang dan mengajak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru melalui pengalaman belajar yang tepat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.