PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI MI MUHAMMADIYAH BERAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Muhammadiyah Beran semester II dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tes dan Observasi digunakan dalam proses pengumpulan data penelitian ini. Bahan penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dengan analisis kualitatif digunakan untuk menggambarkan dinamika proses yang dianalisis dan mendeskripsikan berbagai dinamika perkembangan peningkatan yang muncul. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pada hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran STAD adalah 27% dan mengalami peningkatan pada siklus I 27% menjadi 58%, siklus II meningkat menjadi 92%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dikelas
Refbacks
- There are currently no refbacks.