PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BAGI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH JARAKAN KEBONHARJO

Chusnul Cholifah, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  hasil  belajar mata pelajaran IPA menggunakan Model Pembelajaran Take and Give pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2023/2024 di SD Muhammadiyah Jarakan. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing – masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (Refleksi). Subjek penelitian sebanyak 10 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV tahun ajaran 2023/2024 di SD Muhammadiyah Jarakan Kebonharjo Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata tes IPA pada setiap siklus yang meningkat. Dari hasil observasi serta wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar IPA melalui Model Pembelajaran Take and Give adalah menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA di kelas IV meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Take and Give.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.