PENGEMBANGAN ALAT PELUBANG TANAMAN JAGUNG BERUPA TONGKAT DUA FUNGSI BERBAIS STEAM

Ahmad Solehudin, Nur Ngazizah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat alat berupa tongkat pelubang tanaman jagung yang memiliki dua fungsi dan berbasis STEAM. Pembelajaran STEAM adalah model pembelajaran yang menggabungkan lima disiplin ilmu, yaitu Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata. Adapaun tahapan-tahapan STEAM EPD (Enginering Design Process) yaitu ask (menemukan masalah dan solusi), image (membayangkan produk), plan (perancangan produk), create dan improve (membuat dan melakukan uji coba produk). Dengan adanya pengembangan alat tersebut tentunya dapat membantu para petani dalam menanam jagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kaibonpetangkuran, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah ide, kebermanfaatan, kreativitas, dan tampilan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) alat yang berupa tongkat yang terbuat dari bahan sederhana dan mudah dicari yang sangat membantu para petani dalam menanam tanaman jagung. 2) Kelayakan alat berupa tongkat pelubang tanaman jagung didasarkan pada ide, kebermanfaatan, kreativitas dan tampilan yang divalidasi oleh 18 orang yaitu ide memperoleh rata-rata presentase 83% kriteria sangat baik, validasi kebermanfaatan mendapatkan rata-rata presentase 87,2% kriteria sangat baik, validasi kreativitas mendapatkan rata-rata presentase 82,4% kriteria sangat baik, dan validasi tampilan dari produk mendapatkan rata-rata presentase 76% kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ide, kebermanfaatan, kreativitas dan tampilan alat berupa tongkat pelubang tanaman jagung dinyatakan layak digunakan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.