PELAKSANAAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI BELAJAR DARING (SIBERING) DI PERGURUAN TINGGI

Dessy Kurnia Nathalia, Unifah Rosyidi, Ucu Cahyana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan efektivitas pelaksanaan e-learning menggunakan sistem informasi belajar daring (SIBERING) di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumen dan wawancara. Partisipan adalah mahasiswa, dosen, dekan wakil akademik, dan pengelola LMS/teknisi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan e-learning menggunakan aplikasi SIBERING cukup efektif. Walaupun ada beberapa kendala yang ditemukan yaitu penerapan hanya pada mata kuliah dan program studi tertentu, mahasiswa masih banyak yang sulit beradaptasi dengan system e-learning, kestabilan kualitas jaringan, teknis (device error), radiasi dan keterbatasan dalam pemaparan materi pelajaran, tidak ada SK yang mewajibkan dosen menggunakan aplikasi SIBERING, dosen memiliki kebebasan mengadopsi aplikasi atau platform lain selain SIBERING dalam pelaksanaan e-learning. Namun, beberapa dosen telah merasakan efektivitas penggunaan SIBERING untuk melakukan aktivitas pembelajaran dan mahasiswa juga tetap dapat terlibat aktif dalam aktivitas pengajaran dan pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.