IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV

Dinik Ariyani

Abstract


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim secara resmi mengumumkan nama baru dari kurikulum prototype yang disebut kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel dan berpusat pada materi inti untuk mengembangkan keunikan dan keterampilan peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan cara menelaah secara kritis dan seksama terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan seperti buku dan jurnal yang bisa dijadikan referensi dalam penyusunan artikel ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan data sekunder yaitu data dikumpulkan secara tidak langsung dengan melihat objek yang bersangkutan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan dan menelaah lebih detail tentang kurikulum merdeka, pemahaman dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.