IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Rosita Rahmawati, Selvi Kurnianingsih, Siti Umu Sofiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS, mengetahui keefektifan adanya kurikulum merdeka didalam peningkatan pemahaman peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan topik implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan studi literatur dengan metode deskriptif. Dalam mengimplementasikan pembelajaran IPS dapat diterapkan dengan bantuan suatu model pembelajaran dengan harapan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan. Pendidikan IPS diharapkan mempunyai kepekaan terhadap masalah sosial dan berpartisipasi sosial dalam masyarakat. Tidak hanya menjadi manusia yang individual, karena sejatinya manusia makhluk sosial.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.