PENTINGNYA KURIKULUM MERDEKA DALAM UPAYA PEMULIHAN PEMBELAJARAN ABAD-21 DI INDONESIA

Nofi Nur Azizah, Dinik Ariyani, Herlina Wulandari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya pemulihan pembelajaran abad-21 menggunakan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan permasalahan bahwa peserta didik sekolah dasar memiliki kekurangan dalam hal literasi dan numerasi. Salah satu penyebab kurangnya tingkat literasi dan numerasi adalah adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran tidak dapat berlangsung secara optimal. Kurikulum merdeka dijadikan solusi oleh pemerintah sebagai upaya pemulihan pembelajaran. Kurikulum ini berfokus pada aspek literasi dan numerasi serta menumbuhkan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hal ini dilakukan dengan mengkaji berbagai sumber dan studi literatur. Selanjutnya, data ini dianalisis untuk menemukan solusi pemulihan pembelajaran abad-21 di Indonesia.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.