ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL HOTS PADA KELAS IV SD

Anindyajati Dharmesti, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah secara kualitatif. Langkah dalam penelitian ini diawali dengan observasi,wawancara dan meminta izin pihak sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Kepatihan yang ber berjumlah 23 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi siswa dalam memecahkan soal HOTS pada pembelajaran IPA. Alat pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA di SD Kepatihan indeks Persepsi siswa dalam aspek berpikir kritis termasuk kategori sering, aspek berpikir kreatif termasuk kategori sering dan aspek pemecahan masalah termasuk kategori jarang, berdasarkan data tersebut bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi sudah sering dilaksanakan. hasil analisis soal-soal evaluasi harian IPA menunjukkan soal yang menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir tingkat rendah dari data hasil penelitian dapat menyimpulkan soal-soal IPA untuk mengembangkan HOTS masih rendah.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.