PENGARUH METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Martina Angely

Abstract


Dari hasil pengamatan saat kegiatan observasi dan wawancara, guru masih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional. Khususnya dalam proses pembelajaran IPA jika menggunakan metode pembelajaran konvensional maka kegiatannya masih berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan materi kemudian mengerjakan latihan soal ataupun kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembuktian bahwa penggunaan Metode eksperimen mampu berpengaruh bahkan mampu meningkatkan literasi sains siswa. Peneliti menggunakan berbagai literatur sebagai bahan utama dan penelitian serta menganalisisnya sesuai dengan masalah dan tema tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis kajian teori. Dalam analisis ini, sumber atau literatur yang digunakan sebagai referensi dipilih sesuai dengan isi atau pembahasan kajian. Penggunaan metode eksperimen pada siswa membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak terlalu monoton mendengarkan guru. metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar, dan dalam penelitian ini menegaskan bahwa metode eksperimen berpengaruh positif terhadap literasi sains, tidak hanya pada proses sains. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka, dapat disimpulkan yaitu adanya peningkatan siswa pada aspek keterampilan literasi sains dengan penerapan model pembelajaran langsung melalui metode eksperimen . Pembelajaran dengan model pembelajaran langsung melalui metode eksperimen sebaiknya diterapkan di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar aspek keterampilan literasi sains pada siswa dalam mempelajari materi IPA.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.