KETERKAITAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA KEMAMPUAN BERFIKIR

Tafhim Nur Falah

Abstract


Kemampuan berfikir kritis merupakan proses sistematis yang digunakan dalam kegiatan mental seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, membujuk, menganalisis asumsi, dan melakukan penelitian ilmiah. Hal ini dapat diaplikasikan dalam materi gaya kelas 4 mengubah pendekatan pembelajaran fisika dari sekedar menghafal rumus menjadi memahami konsep dan menerapkannya dalam situasi nyata. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, seperti metode group investigation. Artikel ini menggunakan studi literatur dalam penulisannya. Jenis penulisan yang digunakan adalah studi literatur review dengan berfokus pada hasil keterkaitan penggunaan model pembelajaran group investigation pada kemampuan berpikir kritis materi gaya kelas 4. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk membahas keterkaitan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran grup investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gaya kelas 4 sekolah dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.