METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN PERUBAHAN DI KELAS IV
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi minat belajar siswa pada materi gaya dan perubahannya di kelas IV SD pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode praktikum. Subjek penelitian siswa berjumlah 14 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan studi literatur. Hasil penelitian memaparkan terkait respons siswa terhadap metode praktikum pada pembelajaran IPA materi gaya dan perubahannya mendapatkan hasil yang sangat positif dan efektif. Hal ini dibuktikan bahwa siswa lebih suka pembelajaran menggunakan metode praktikum, karena dapat mewujudkan siswa lebih aktif dan mudah menelaaah materi karena terlibat langsung. Maka dari itu, pembelajaran dengan metode praktikum dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.