PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Dwi Septiana, Fenny Nurlaelasari, Alfirra Riznia Gisalsani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS dengan pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini menggunakan studi literatur merupakan penelitian yang dilakukan dengan teknik pengumpulan informasi serta data yang diperoleh dari berbagai bahan pustaka, membaca, mereview, dan mencatat bahan penelitian. Temuan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan model cooperative learning tipe talking stick yang semula dilakukan akan terasa kaku antara siswa dan guru, akan tetapi jika melakukannya menggunakan langkah-langkah yang benar dan akhirnya siswa dapat mengikuti dengan benar maka siswa dapat memiliki ketertarikan dan kesenangan dengan metode atau model tersebut. Dengan metode ini agar siswa tergugah atau semangat belajar di dalam kelas bisa dengan memberikan reward atau penghargaan. Sehingga model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.