PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Amanda Anggi Pramaishella, Intan Rahmawati, Kana Rosida

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur dimana peneliti mencari data dengan mengkaji beberapa sumber jurnal yang selaras dengan jenis penelitian ini kemudian dikumpulkan untuk menjadi sebuah data yang bermanfaat. Dengan menggunakan model TGT siswa diajak untuk berperan seperti dalam perlombaan akademik, mereka diajak mengerjakan kuis-kuis untuk mendapatkan skor untuk setiap timnya. Model pembelajaran TGT memiliki kelebihan yaitu dapat mendorong dan mengembangkan sikap dan keterampilan siswa, meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Model pembelajaran TGT juga mengedepankan penerimaan terhadap perbedaan individu, dengan waktu yang sedikit dapat menguasai materi, dan proses belajar mengajar berlangsung dengan keaktifan dari siswa.Dalam setiap tim mereka akan saling membantu mempersiapkan permainan dengan mempelajari materi yang akan digunakan dalam permainan game, walaupun nantinya mereka akan bermain secara individu saat permainan berlangsung.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.