METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Ana Tri Lestari

Abstract


Sistem pendidikan di Indonesia saat ini mengalami pergantian kurikulum seiring dengan perkembangan zaman. Adanya perubahan kurikulum yang ada saat ini siswa dituntut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya, siswa masih ada yang kesulitan dalam mengemukakan ide atau gagasan yang dimilikinya, sehingga siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. hal tersebut menjadikan kegiatan pembelajaran kurang sesuai dengan tuntutan pada kurikulum baru yang telah diterapkan, sehingga diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam mengemukakan pendapatnya, salah satu cara yang dapat digunakan yaitu menggunakan metode brainstorming yang diterapkan pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi kepustakaan, peneliti mengumpulkan data dengan mencari beberapa jurnal dari internet dengan menggunakan bantuan google scholar dan publish or perish. Hasil penelitian ini didapatkan dengan menganalisis dari beberapa jurnal terdahulu yang telah dipilih sesuai dengan tujuan dari peneliti yang membahas mengenai metode brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.