PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SEJARAH DI SEKOLAH DASAR

Dwi Nursanti, Tiara Dwi Damayanti, Ana Tri Lestari

Abstract


Pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan dengan pergantian kurikulum berkali-kali. Oleh karena itu, sebagai guru sudah sewajarnya kita paham dengan perubahan tersebut. Dalam proses pembelajaran guru diharapkan dapat mengetahui kemampuan siswa satu sama lain dalam menerima materi yang telah disampaikan. Dalam penyampaian materi pembelajaran guru dapat menggunakan media yang membantu dalam penyampaian materi. Media digunakan guru tidak hanya dapat membantu dalam pemahaman siswa terhadap materi yang diterima, media digunakan agar tercapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang maksimal. Selain itu, media dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran dan siswa pun tidak bosan dalam pembelajaran. Media yang cocok dalam proses pembelajaran yaitu dapat menggunakan puzzle. Puzzle salah satu media yang konkret yang dapat diamati secara langsung dan dirasakan keberadaannya. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media pembelajaran puzzle sebagai alat bantu belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Peneliti menggunakan metode penelitian studi kepustakaan, peneliti mengumpulkan data dengan mencari beberapa jurnal dari internet dengan bantuan google scholar dan publish or perish. Hasil penelitian ini didapatkan dengan menganalisis dari beberapa jurnal terdahulu yang telah dipilih sesuai dengan tujuan dari peneliti yang membahas mengenai penggunaan media pembelajaran puzzle sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.