PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Nur Alfiah, Winda Pujiyanti, Lutfiatul Fahmi

Abstract


Kegiatan pembelajaran saat ini tanpa kita sadari guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak peserta didik kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu peserta didik tidak diberikan kesempatan untuk mengamati, mencari tahu, dan menyimpulkan suatu konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi atau penerapan kegiatan pembelajaran yang terjadi antara guru dan peserta didik dengan menggunakan metode inkuiri pada materi kegiatan ekonomi kelas IV di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review / studi literatur. Data yang diperoleh dari menelaah artikel, jurnal, maupun sumber-sumber yang lain yang berkaitan dengan penelitian. Diketahui hasil penelitian ini literature review/studi. Diketahui hasil penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran akan dikatakan akan berhasil jika peserta didik memahami apa yang akan dipelajari terkait materi IPS. Guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan rencana kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi kelas. Memilih metode kegiatan pembelajaran yang tepat dapat mempermudah peserta didik untuk memahami materi pelajaran kegiatan ekonomi. Metode inkuiri dapat dikembangkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode inkuiri menjadi alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran secara optimal dapat mempermudah peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.