IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KLEDUNG KRADENAN

Siti Nurhalifah

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi kurikulum merdeka belajar dalam metode discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik kelas IV SDN Kledung Kradenan pada mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan. Kurikulum Merdeka Belajar memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memilih metode belajar sesuai kebutuhan dan minat, sedangkan discovery learning menekankan pengalaman langsung dalam mencari dan menemukan pengetahuan baru. Dalam penelitian ini, Kurikulum Merdeka Belajar dan metode discovery learning digunakan bersamaan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada mata pelajaran yang diajarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi dan mampu memahami materi dengan lebih baik saat menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar dalam metode discovery learning. Hal ini disebabkan karena siswa dapat memilih metode belajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka, sehingga mereka merasa lebih termotivasi dalam belajar. Selain itu, metode discovery learning yang menekankan pada pengalaman langsung dalam mencari dan menemukan pengetahuan baru, dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam metode discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN Kledung Kradenan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.