PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR PADA ERA KURIKULUM MERDEKA

Fitria Amanah Widasari, Naili Ulya, Fariski Julianti

Abstract


Pada penelitian ini peneliti menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini dikembangkan beídasaíkan 5 tahapan model penelitian ADDIE yaitu; 1) tahap analisis (analysis); 2) tahap perancangan (design); 3) tahap pengembangan (development); 4) tahap implementasi (implementation); dan 5) evaluasi (evaluation). Kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaían IPS membuat pembelajaran kurang maksimal. Keterbatasan yang ada juga menjadi salah satu penyebabnya. Penelitian ini beítujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menguji kelayakan dan mengetahui efektivitas media Pop-Up Book Peneliti dapat memilih media pembelajaran yang akan dikembangkan yang menarik dan praktis sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Media pembelajaran tentunya terdapat banyak jenisnya. Salah satunya yakni media visual tiga dimensi. Media tiga dimensi ialah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional yakni yang dapat dinikmati atau dilihat dari sisi panjang, lebar, dan tinggi. Salah satu contoh dari media visual tiga dimensi ini adalah “Pop Up Book”. Pop up book meíupakan sebuah buku yang mengandung unsur tiga dimensi. Ketika halaman buku tersebut dibuka, bagian dalamnya dapat menghasilkan gerakan serta memberikan visualisasi yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.