RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN “LEMBAR MINMA” MODEL PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Dwi Nugraini, Nur Faizah, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan model pembelajaran “Lembar Minma” model problem based learning dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi literatur atau referensi, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan mengadopsi metode penelitian studi kepustakaan, mengkaji teori-teori yang sesuai dengan topik yang dibahas yang kemudian dianalisis dan dirangkum menjadi sebuah artikel. Adapun hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran "Lembar MINMA" dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, karena siswa lebih aktif dalam pembelajaran, lebih terlibat dalam proses pemecahan masalah, dan lebih mudah memahami konsep.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.