PROFIL KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS 4 SD

Devi Ayu Lestari, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh profil keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS pada materi Suhu dan Kalor di kelas IV SD yang belum bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Peserta didik cenderung kurang aktif dalam pembelajaran terutama pada materi Suhu dan Kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di kelas IV dan upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peserta didik tergolong aktif mengikuti pelajaran terutama pada materi Suhu dan kalor, meskipun tidak semua peserta didik aktif karena beberapa diantaranya tergolong pasif, namun jika dilihat secara keseluruhan maka lebih banyak siswa yang aktif dalam pembelajaran dibandingkan siswa yang tidak aktif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.